Minggu, 20 Mei 2012

Perilaku Pramuniaga yang Bikin Bete

Kita sebagai manusia tentunya memiliki banyak kebutuhan bukan? Nah untuk memenuhi beberapa kebutuhan tersebut terkadang kita mendatangin pusat-pusat perbelanjaan seperti minimarket, supermarket, atau pusat-pusat perbelanjaan yang menjual tas baju sepatu dan lain-lainnya. Ditempat-tempat seperti inilah kita sebagai konsumen atau pembeli bertemu yang namanya pramuniaga dan kita pasti berinteraksi dengan mereka untuk melakukan transaksi pembelian.
Berdasarkan pengalaman gue dari sekian interaksi yang gue lakuin dengan pramuniaga-pramuniaga, ada beberapa interaksi yang membuat gue sebagai konsumen merasa bete dan risih dengan perlakuan mereka. Berikut adalah beberapa perilaku menyebalkan dari pramuniaga yang tentunya gak cuma gue yang ngerasain ini kalian pasti pernah jadi korbannya. bekicot #eh Cekidoooottt:




"Boleeeeehhhh kak dicobaaaaaa" 




Nah kalimat kaya gini ini pasti udah ga asing banget, kaget gak sih kira-kira pas kita lagi santai-santai mau refreshing tiba-tiba ada orang dengan lantang bilang "boleeeeeeeehhh kak" ieeuuh adek kandung bukan, adek kelas juga bukan risih ga si lo??


Sebennya kasihan juga sih hal kaya gini mereka lakuin buat menarik perhatian pengunjung agar mampir ketempat mereka, tujuannya mungkin dengan mereka bilang "boleeeeehh kak" biar semakin banyak pengunjung mau membeli sesuatu dari toko mereka, tapi kalo menurut gue hal kaya gitu malah bikin pengunjung risih dan keliatan norak buat toko itu. Menurut gue cukup lempar senyuman ajah ke pengunjung dan disertai barang-barang yang mereka jual emang bagus. Nah kayanya hal kaya gini saran banget buat pemilik toko untuk memperbaiki perilaku dari pramuniaga mereka.




Ngikutin Kemana Kita Pergi




Ngikutin kemana kita pergi maksudnya, Misal pernah gak sih lo udah masuk area toko mereka tiba-tiba ada pramuniaga langsung ngehampirin bahkan kadang kita baru lewat depan toko mereka juga jadi korban. Nah pramuniaga yang ngeselinnya adalah kadang ngikuitin kita terus selama kita masih diteritorial daerah kekuasaan toko mereka. 


Risih gak sih? Risih banget lah apalagi coba bayangin lo lagi mules pengen ke toilet mal terus ada pramuniaga ngikutin lo terus bahkan sampe kamar mandi. Pasti rasanya lo pengen sumpel tuh mulut pramuniaga pake tissue toiltet. -_-




Meminta Uang Lebih Kecil atau Uang Pas




Yang begini paling sering gue alamin. Pernah gw belanja di supermarket atau tempat jual baju. Saat itu g cuma punya duit selembar-lembarnya seratus ribu. Tapi pas gue mau baya kata pramuniaganya "Mba ada uang kecil ga?" atau "Mba ada uang pas ga?" what the......
Ngeselin banget kan? Hal kaya gini tuh seharusnya udah dipersiapkan apalagi buat supermarket atau bayangin kita udah sehati banget nih sama baju yang udah mau kita beli. Masa iya kita gagal milikin barangnya karena toko itu ga ada kembalian. "its double bete you know....


Menurut gue pembeli itu adalah raja kita berhak kali mau blanja pake uang gede kaya apa. Masa iya raja kalo mau belanja harus susah-susah dan repot nyariin uang pas atau uang kecil. Harusnya tokolah yang menyiapakan uang kembalian buat orang-orang yang berbelanja.




Mengganti Kembalian dengan Permen




Ini problem klasik yang sering dialami banyak orang yang kalau belanja di minimarket/supermarket. Mungkin pramuniaganya berpikir "Dua buah permen lebih berguna buat pelanggan dibanding dua buah koin ratusan."


Sayangnya pramuniaga salah berpikir. Bayangin ajah kalau setiap kita belanja kembaliannya adalah permen. Berapa banyak permen yang kita punya. 
Apa bisa lima buah permen ditukar jadi gorengan bakwan?
Apa bisa dua puluh permen ditukar dengan minuman dingin?
Apa bisa seratus permen dituker sama baju kaftannya syahrini? enggak kan..


Permen bukan nilai tukar untuk negara kita kan. Ada baiknya kembalian menggunakan permen ini harus dihapuskan dari muka bumi ini.




Bikin Bete By Phone




Yang ini juga udah gak asing lagi, sering banget gue lagi dikampus, dirumah, dijalan, untungnya gue ga pernah bawa hp pas lagi mandi. Perlakuan pramuniaga yang ngeselin ini dilakuin melalu telfon. Banyak banget nomer yang ga dikenal dari provider lain. Gue itu tipe orang yang kalo liat nomer baru miscall pasti langsung galau antara mau ngejawab atau enggak. Bikin gue perang batin.


"jangan-jangan itu mantan yang ganti nomer?"
"jangan-jangan itu telfon dari annisa chibi yang ngajakin gue buat gabung?"
"mungkin itu Panji soeharto yang mau nembak gue?"


gue galau gue bingung akhirnya dari pada gue berasumsi yang macem-macem gue jawab deh tuh telfon. #jedeeeeeerr gak taunya itu pramuniaga yang nawarin layanan berlangganan tv sama internet. #asdfghjk what the....


Terima kasih. sekian keluhan dari gue yang tentunya pernah kalian rasain juga.
posting ini terinspirasi dari artikel: http://id.she.yahoo.com/4-perilaku-pramuniaga-yang-menyebalkan-20120520.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar