Selasa, 22 Mei 2012

Jajanan Favorit Versi Anak Gundar

Setiap kampus mau itu di daerah atau dikota pasti dapetlah namanya jam makan siang. Tentunya disertai juga sama fasilitas kantin yang ada didalam kampus. Dari sekian kampus yang nyediain namanya fasilitas kantin kayanya cuma gundar yang ga nyediain yang namanya kantin. Tempat makan buat anak-anak gundar terhampar diruas jalan.


Hemm sebenernya kenapa sih gue ngomongin kantin?
apa karena warteg mau dikenain pajak?
apa karena ongkos naik angkot nambah gopek?
apa karena susah parkir motor digundar?


Bukan-bukan! Gue ngepost kali ini cuma mau sekedar informasiin berdasarkan survey yang membuktikan ternyata ada beberapa makanan favorit yang biasa digunain anak gundar buat ngeganjel perut mereka. Nah seperti yang gue bilang berhubung gundar gak punya yang namanya kantin jadi kita jajan dijalan (dah kaya anak SD ajah)
Dan ini lah deret jajanan favorit versi gundar. cekiddoooot:




1. Kentang featuring cimol bumbu


Sebenernya gue gak tau mau namain makanan ini apaan, pokonya ini makanan isinya yaa kentang sama cimol yang dicampur sama bumbu yang rasanya pedes, manis, gurih-gurih gitu pokonya enak dan harganya jelas kejangkau banget. Nah ini penampakan dari kentang cimol bumbu:






2.  Gorengan Tek-tek


 Kenapa namanya gorengan tek-tek, padahal adanya kan mie tek-tek. Gorengan itu sebenernya sih ada sih disetiap kampus, tapi cuma tukang gorengan digundarlah yang ngeselin. kenapa ngeselin? Mungkin cuma tukang gorengan digundar yang tiap satu menit update keberadaannya dengan bebunyian "trektek tek tek tek" apa lagi kalo cewek-cewek kampus lewat makin nyaring tuh ketukan dari si abangnya, saking seringnya gue liat tuh abangnya ngetukin kualinya setiap kali cewek lewat gue katagoriin tuh abang sebagai tukang gorengan tergenit sepanjang kampus gundar. Tapi disamping kegenitan dan keusilan siabangnya ya gorengannya selalu rame sih emang enak lah buat ukuran yang harganya duaribu dapet tiga. Tukang gorengan ini mangkal tetap di depan masjid kampus E Kelapa 2.


Bukan gambar dari gorengan si abangnya sih, tapi setidaknya mewakili gambaran buat temen-temen. yaa kali ajah dari temen-temen ada yang belom tau gorengan itu kaya apa. :) 




3. Ketoprak


Sama ajah kaya gorengan ditiap kampus pasti ada lah ketoprak. Apa yang spesial dari ketoprak ini??
jawabannya gak ada sama ajah kaya ketoprak-ketoprak biasanya pake bumbu kacanag, pake toge, bihun, tahu, kerupu, dan tentunya lontong. Terus apa dong yang mau gue bagusin yah?? zzzz -_-
Sebenernya ada yang unik sih, kebanyakan yang pesen ketoprak ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang tengah kelaparan menjelang sholat dzuhur. Kenapa begitu? karena ini abangnya rajin banget mau ajah bolak-balik gerobak-masjid gerobak-masjid lagi buat nganterian pesanan jama'ah-jama'ah sholat dzuhur. Dan buat rasa enak lah gak kalah sama ketoprak-ketoprak laennya :D. Nah abangnya ini jualan sederetan ama tukang gorengan dah tuh.


Ilustrasi, gambar bukan abangnya yang asli. Biar temen-temen nanti liat sendiri ajah wujud dari si abngnya :D


4. Batagor_Siomay


Kayanya dari makanan 1-4 emang dimana-mana udah hampir ada. Tapi yang gue cantumin di post gue kali ini menurut gue yaa tukang dagang ini spesial, alesannya yaa gak mungkin gak spesial masa konsumennya banyak gitu. Buktinya banyak tukang batagor-siomay dikampus, cuma abang ini doang batagor-siomaynya selalu abis kalo udah jam 4 sore sementara tukang batagor-siomay yang laen malah ada yang belom digoreng batagornya atau masih banyak siomaynya. Dan kegiatan tukang batagor ini sama kaya tukang ketoprak sebelumnya rajin nganterin pesenan ke masjid (sebenernya itu tempat Sholat apa tempat makan sih??) ya maklum lah kan udah gue bilang kalo gundar gak punya yang namanya kantin, kantin adanya buat dosen sama aslab itu juga makanannya berasa makanan rumah sakit.


Balik lagi kita omongin abang batagor-siomay. Tapi ngomongin apa lagi yah? Eh ada satu yang unik dari abang batagor ini. Itu loh nampan yang dia gunain buat nganterin  pesenan itu hand made, kenapa dibilang hand made "gak tau sih itu buatan sendiri apa orang lain tapi yang jelas itu nampan terbuat dr triplek bekas yang pinggirannya dipakuin sama kayu-kayu (kreatif apa jorok yak abangnya) tapi tetep lah gak ngurangin sejuta penggemar batagornya. Dan lokasi siabangnya ini tepat diantar tukang gorengan genit dan abang ketoprak.






Udah dulu deh post gue kali ini tentang makanan-makanan favorit mahasiswa gundar. Sedikit info juga kan jadinya buat adek-adek yang nanti mau masuk gundar biar gak kaget kalo udah kuliah pas laper nyari kantin gak ada :D. Lumayan ini bisalah buat naklukin keganasan cacing-cacing kelaparan diperut kalian.
Oke deh. see you next post. 

Minggu, 20 Mei 2012

Perilaku Pramuniaga yang Bikin Bete

Kita sebagai manusia tentunya memiliki banyak kebutuhan bukan? Nah untuk memenuhi beberapa kebutuhan tersebut terkadang kita mendatangin pusat-pusat perbelanjaan seperti minimarket, supermarket, atau pusat-pusat perbelanjaan yang menjual tas baju sepatu dan lain-lainnya. Ditempat-tempat seperti inilah kita sebagai konsumen atau pembeli bertemu yang namanya pramuniaga dan kita pasti berinteraksi dengan mereka untuk melakukan transaksi pembelian.
Berdasarkan pengalaman gue dari sekian interaksi yang gue lakuin dengan pramuniaga-pramuniaga, ada beberapa interaksi yang membuat gue sebagai konsumen merasa bete dan risih dengan perlakuan mereka. Berikut adalah beberapa perilaku menyebalkan dari pramuniaga yang tentunya gak cuma gue yang ngerasain ini kalian pasti pernah jadi korbannya. bekicot #eh Cekidoooottt:




"Boleeeeehhhh kak dicobaaaaaa" 




Nah kalimat kaya gini ini pasti udah ga asing banget, kaget gak sih kira-kira pas kita lagi santai-santai mau refreshing tiba-tiba ada orang dengan lantang bilang "boleeeeeeeehhh kak" ieeuuh adek kandung bukan, adek kelas juga bukan risih ga si lo??


Sebennya kasihan juga sih hal kaya gini mereka lakuin buat menarik perhatian pengunjung agar mampir ketempat mereka, tujuannya mungkin dengan mereka bilang "boleeeeehh kak" biar semakin banyak pengunjung mau membeli sesuatu dari toko mereka, tapi kalo menurut gue hal kaya gitu malah bikin pengunjung risih dan keliatan norak buat toko itu. Menurut gue cukup lempar senyuman ajah ke pengunjung dan disertai barang-barang yang mereka jual emang bagus. Nah kayanya hal kaya gini saran banget buat pemilik toko untuk memperbaiki perilaku dari pramuniaga mereka.




Ngikutin Kemana Kita Pergi




Ngikutin kemana kita pergi maksudnya, Misal pernah gak sih lo udah masuk area toko mereka tiba-tiba ada pramuniaga langsung ngehampirin bahkan kadang kita baru lewat depan toko mereka juga jadi korban. Nah pramuniaga yang ngeselinnya adalah kadang ngikuitin kita terus selama kita masih diteritorial daerah kekuasaan toko mereka. 


Risih gak sih? Risih banget lah apalagi coba bayangin lo lagi mules pengen ke toilet mal terus ada pramuniaga ngikutin lo terus bahkan sampe kamar mandi. Pasti rasanya lo pengen sumpel tuh mulut pramuniaga pake tissue toiltet. -_-




Meminta Uang Lebih Kecil atau Uang Pas




Yang begini paling sering gue alamin. Pernah gw belanja di supermarket atau tempat jual baju. Saat itu g cuma punya duit selembar-lembarnya seratus ribu. Tapi pas gue mau baya kata pramuniaganya "Mba ada uang kecil ga?" atau "Mba ada uang pas ga?" what the......
Ngeselin banget kan? Hal kaya gini tuh seharusnya udah dipersiapkan apalagi buat supermarket atau bayangin kita udah sehati banget nih sama baju yang udah mau kita beli. Masa iya kita gagal milikin barangnya karena toko itu ga ada kembalian. "its double bete you know....


Menurut gue pembeli itu adalah raja kita berhak kali mau blanja pake uang gede kaya apa. Masa iya raja kalo mau belanja harus susah-susah dan repot nyariin uang pas atau uang kecil. Harusnya tokolah yang menyiapakan uang kembalian buat orang-orang yang berbelanja.




Mengganti Kembalian dengan Permen




Ini problem klasik yang sering dialami banyak orang yang kalau belanja di minimarket/supermarket. Mungkin pramuniaganya berpikir "Dua buah permen lebih berguna buat pelanggan dibanding dua buah koin ratusan."


Sayangnya pramuniaga salah berpikir. Bayangin ajah kalau setiap kita belanja kembaliannya adalah permen. Berapa banyak permen yang kita punya. 
Apa bisa lima buah permen ditukar jadi gorengan bakwan?
Apa bisa dua puluh permen ditukar dengan minuman dingin?
Apa bisa seratus permen dituker sama baju kaftannya syahrini? enggak kan..


Permen bukan nilai tukar untuk negara kita kan. Ada baiknya kembalian menggunakan permen ini harus dihapuskan dari muka bumi ini.




Bikin Bete By Phone




Yang ini juga udah gak asing lagi, sering banget gue lagi dikampus, dirumah, dijalan, untungnya gue ga pernah bawa hp pas lagi mandi. Perlakuan pramuniaga yang ngeselin ini dilakuin melalu telfon. Banyak banget nomer yang ga dikenal dari provider lain. Gue itu tipe orang yang kalo liat nomer baru miscall pasti langsung galau antara mau ngejawab atau enggak. Bikin gue perang batin.


"jangan-jangan itu mantan yang ganti nomer?"
"jangan-jangan itu telfon dari annisa chibi yang ngajakin gue buat gabung?"
"mungkin itu Panji soeharto yang mau nembak gue?"


gue galau gue bingung akhirnya dari pada gue berasumsi yang macem-macem gue jawab deh tuh telfon. #jedeeeeeerr gak taunya itu pramuniaga yang nawarin layanan berlangganan tv sama internet. #asdfghjk what the....


Terima kasih. sekian keluhan dari gue yang tentunya pernah kalian rasain juga.
posting ini terinspirasi dari artikel: http://id.she.yahoo.com/4-perilaku-pramuniaga-yang-menyebalkan-20120520.html

Sabtu, 12 Mei 2012

Ciri-ciri Konsumen Indonesia



Perilaku konsumen adalah aktivitas seseorang ketika berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa perilaku konsumen yang sebenarnya harus diperhatikan agar kita sebagai konsumen tau betul kegunaan suatu barang atau jasa yang kita butuhkan agar tidak menjadi sia-sia, berikut adalah cirri-cirinya.

Menurut Handi Irawan perilaku konsumen di Indonesia dibagi menjadi 10 ciri, yaitu:



1. Berpikir jangka pendek (short term perspective), ternyata sebagian besar konsumen Indonesia hanya berpikir jangka pendek dan sulit untuk diajak berpikir jangka panjang, salah satu cirinya adalah dengan mencari kebutuhan yang diperlukan serba instan.




2. Tidak terencana (dominated by unplanned behavior). Hal ini tercermin pada kebiasaan impulse buying, yaitu membeli produk yang kelihatannya menarik (tanpa perencanaan sebelumnya).







3. Suka berkumpul. Masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan suka berkumpul (sosialisasi). Salah satu indikator terkini adalah situs social networking seperti Facebook dan Twitter sangat diminati dan digunakan secara luas di Indonesia.











4. Gagap teknologi (not adaptive to high technology). Sebagian besar konsumen Indonesia tidak begitu menguasai teknologi tinggi. Kebanyakan konsumen Indonesia memaksa membeli barang hanya untuk gengsi semata tidak peduli baha mereka hanya bisa menikmati sebatas fitur yang umum digunakan kebanyakan pengguna. 





5. Berorientasi pada konteks (context, not content oriented). Konsumen kita cenderung menilai dan memilih sesuatu dari tampilan luarnya. Dengan begitu,konteks-konteks yang meliputi suatu hal justru lebih menarik ketimbang hal itu sendiri. contohnya bisa kita ambil dari makanan disamping kebanyakan anak-anak muda jaman sekarang lebih senang nongkrong kumpul-kumpul disalah satu restoran fast food yang menyediakan menu makanan barat dibanding makanan khas indonesia. ini terjadi karena penyajian menu makanan yang lebih menarik serta fasilitas tempat yang lebih terlihat keren apabila makan direstoran tersebut padahaal dari efek yang diberikan makanan tersebut jelas sudah diketahui tidak baik. 



6. Suka buatan Luar Negeri (receptive to COO effect). Sebagian konsumen Indonesia juga lebih menyukai produk luar negeri daripada produk dalam negeri, karena menurut konsumen kualitasnya luar negeri lebih bagus dibanding produk di indonesia. Sebetulnya anggapan seperti itu tidak semua benar, kebanyakan orang indonesia membeli produk luar hanya untuk terlihat lebih keren karena produk luar negeri harganya lebih mahal. Hal ini sama saja seperti ciri yang kelima yaitu penampilan luar lebih penting dimata konsumen.

7. Beragama(religious). Konsumen Indonesia sangat peduli terhadap isu agama. Inilah salah satu karakter khas konsumen Indonesia yang percaya pada ajaran agamanya. Konsumen akan lebih percaya jika perkataan itu dikemukakan oleh seorang tokoh agama, ulama atau pendeta. Konsumen juga suka dengan produk yang mengusung simbol-simbol. 


8. Gengsi (putting prestige as important motive). Konsumen Indonesia amat getol dengan gengsi. Banyak yang ingin cepat naik “status” walau belum waktunya. Saking pentingnya urusan gengsi ini, mobil-mobil mewah pun tetap laris
terjual di negeri kita pada saat krisis ekonomi sekalipun. Menurut Handi Irawan D, ada tiga budaya yang menyebabkan
gengsi. Konsumen Indonesia suka bersosialisasi sehingga mendorong orang untuk pamer. Budaya feodal yang masih
melekat sehingga menciptakan kelas-kelas sosial dan akhirnya terjadi “pemberontakan” untuk cepat naik kelas. 
Masyarakat kita mengukur kesuksesan dengn materi dan jabatan sehingga mendorong untuk saling pamer.




9. Budaya lokal (strong in subculture). Sekalipun konsumen Indonesia gengsi dan menyukai produk luar negeri, namun unsur fanatisme kedaerahan-nya ternyata cukup tinggi. Ini bukan berarti bertentangan dengan hukum perilaku yang lain.



10. Kurang peduli lingkungan (low consciousness towards environment). Salah satu karakter konsumen Indonesia yang unik adalah kekurangpedulian mereka terhadap isu lingkungan. Tetapi jika melihat prospek kedepan kepedulian konsumen terhadap lingkungan akan semakin meningkat, terutama mereka yang *tinggal di perkotaan begitu pula dengan kalangan menengah atas relatif lebih mudah paham dengan isu lingkungan. Lagi pula mereka pun memiliki daya beli terhadap harga premium sehingga akan lebih mudah memasarkan produk dengan tema ramah lingkungan terhadap mereka.

Sekiranya cukup sekian perilaku konsumen yang dapat saya berikan cirinya.
Kesimpulan yang dapat diambil dari artikel yang saya buat ini adalah sebaiknya sebagai konsumen kita harus benar-benar tahu mana produk yang bermanfaat untuk kita dan kita harus memperhatikan apa produk tersebut benar-benar bermanfaat, bukan mementikan gengsi dan hanya untuk sekedar gaya-gayaan.